PT. Ultrajaya Milk, Industry Tbk.
Profil Perusahaan
Pada
masa 1958, Ultrajaya berawal dari sebuah pabrik kecil atau industri susu
rumahan di Bandung – Jawa Barat PT Ultrajaya berkembang, hingga
selanjutnya di tahun 1971 PT Ultrajaya melebarkan sayap bisnisnya menjadi PT
Ultrajaya Milk Industry & Trading Company. Ultrajaya tak hanya sebagai
industri pelopor produsen susu segar alami dan minuman ringan juga masih
menjadi tertedepan untuk seluruh konsumen Indonesia dengan beberapa varian brandnya,
seperti ‘UltraMilk’ untuk produk susu segarnya, ‘Teh Kotak’ untuk minuman teh
segarnya, ‘Sari Kacang Ijo’, ‘Sari Asem Asli’ untuk produk minuman sehatnya
serta tidak ketinggalan beberapa produk minuman ringannya yang diproduksi
khusus untuk pasar eksport.
Sejak
tahun 1950, PT Ultrajaya secara turun temurun terus tumbuh dan berkembang
dengan pesatnya dan hingga kini unggul sebagai Leader produsen produk susu cair
segar ( dengan proses UHT ) dan juga minuman siap saji. Hingga kini,
brand unggulan Ultrajaya yakni UltraMilk, masih tetap unggul di kelasnya
sebagai produk susu cair, begitu pula Teh Kotak tetap unggul di varian minuman
siap saji dalam kemasan karton.
Kini,
hampir 90% total produksi rerusahaan telah didistribusikan ke seluruh konsumen
di seluruh pelosok Indonesia, sementara kurang lebih 10% produksi, di ekspor ke
beberapa negara di Benua Asia, Eropa, Timur Tengah, Australia, dan Amerika.
Kesegaran bahan baku menjadi kunci mutu produk dengan pertimbangan nutrisi yang
terkandung di dalamnya. Disamping itu Ultrajaya mampu mengkolaborasikan
teknologi Ultra High Temperature ( UHT ) yang digabungan dengan teknologi
pengemasan aseptik.
Tim
manajemen perusahaan memiliki tekad penuh untuk selalu berkembang seiring
dengan perkembangan teknologi makanan dan minuman, agar tetap dapat memberikan
produk-produk baru yang inovatif untuk memuaskan permintaan konsumen sekaligus
membangun merek yang kuat, untuk menjamin pertumbuhan jangka panjang. Ultrajaya
juga secara aktif membuat terobosan baru untuk meningkatkan efisiensi produksi
guna mengintegrasikan proses produksi dengan tujuan memaksimalkan sumber daya
yang dimiliki. Oleh karena itu, salah satu strategi manajemen PT Ultrajaya
adalah mengembangkan dan memertahankan sumberdaya manusia yang sangat terampil.
Hal
ini mampu Ultrajaya capai dengan menganut sebuah filosofi sederhana :
“
Sebuah komitmen untuk memproduksi produk dan brand berkualitas tinggi yang
mengiringi perkembangan kebutuhan masyarakat”.
Dan
ini tercermin dalam beberapa prinsip serta budaya kerja yang dimiliki
Ultrajaya, diantaranya:
- Memproduksi secara maksimal dengan kapasitas produksi
yang besar dengan mengimbangi besarnya konsumen.
- Untuk selalu memastikan hanya bahan-bahan dengan
kualitas terbaik, yang akan digunakan untuk produksi.
- Memastikan teknologi yang dimiliki adalah terbaik
yang selalu mendukung perusahaan untuk mengembangkan dan merancang
kualitas seluruh produk yang dimiliki.
- Terus memperluas jaringan distribusi sebagai mitra
perusahaan ke seluruh pelosok Indonesia, untuk konsumen yang setia menikmati
produk segar alam.
- Selain menjaga komitmen perusahaan terhadap konsumen,
Ultrajaya pun tak luput untuk selalu meningkatkan nilai kepada stakeholder.
Hal ini juga menjadi kebanggaan perusahaan agar bisa mempertahankan dan
memelihara posisi Ultrajaya sebagai Leader di industri ini.
Sebagai
wujud nyata, perusahaan kini memiliki karyawan sebanyak 1100 orang yang terdiri
dari tim manajemen, pabrik, tenaga penjualan dan pemasaran. Mereka memiliki
motivasi kerja yang sangat tinggi dan berpengalaman di bidangnya. PT Ultrajaya
mempunyai rencana pengembangan karyawan yang lengkap mencakup pelatihan
keterampilan, kesempatan karir dan program pensiun untuk karyawan yang memasuki
masa pensiun. Pada saat yang sama, perusahaan ini juga selalu melakukan program
penerimaan karyawan untuk memertahankan sumberdaya manusia yang profesional
dan produktif.
Hingga
kini, jaringan distribusi telah menjangkau seluruh daerah di Indonesia,
didukung dengan strategi marketing yang sudah terintegrasi untuk mempertahankan
dan terus membangun ekuitas brand dan memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia.
Untuk
itu, Utrajaya juga secara terus menerus memiliki investasi-investasi penting
dengan berbagai perbaikan dalam aktivitas marketing, teknologi, pengembangan
produk, dan yang paling penting adalah sistem distribusi.
Jangkauan
distribusi Ultrajaya merupakan salah satu jangkauan distribusi terluas di
Indonesia , yang telah menjangkau pulau-pulau di Indonesia dari Sumatera sampai
Papua. Saat ini Ultrajaya pun telah menjangkau lebih dari 25.000 wholesaler
yang masing-masing secara kolektif menjual produk ke lebih dari 65.000 retailer
(baik pasar lokal modern maupun pasar tradisional), hotel, dan penggunaan
secara komersial.
Sementara
itu, jalur distribusi Ultrajaya di pulau Jawa saat ini juga terdiri dari lebih
dari 300 sales professional, dengan lebih dari 100 armada, dan 20 kantor
cabang.
Konsumen
utama PT Ultrajaya di Indonesia yang terdiri dari kurang lebih 240 juta
penduduk, saat ini juga mengalami peningkatan daya beli. Penjualan dalam negeri
pun menyumbang 90% dari total produksi yang dilakukan. Walaupun begitu, pada
tahun 1988, Ultrajaya pun telah meng-eksport produk ke sejumlah negara di
dunia.
Ultrajaya
membuka kesempatan kepada pelajar yang berminat dan memiliki periode
singkat kerja praktek untuk bergabung dalam program kerja praktek. Dalam
kesempatan ini, pelajar berkesempatan untuk mempelajari operasional sistem PT
Ultrajaya.
Untuk
memenuhi permintaan beberapa Universitas, Ultrajaya pun membuka kesempatan bagi
mahasiswa yang ingin menyelesaikan thesis atau tugas akhirnya yang membutuhkan
data actual terkait produksi dan operasional proses untuk survey dan melakukan
analisa penelitian.
Alasan mengapa perusahaan tersebut juga berpengaruh untuk
Indonesia
Dari
penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa PT Ultrajaya Milk Industry Tbk
berperang bagi masyarakat di Indonesia yaitu :
- Mengurangi angka Pengangguran yaitu dengan adanya
penerimaan karyawan.
- Menaikkan kesejahteraan bagi
- Karyawan
- Distributor
- Wholesaler
- Retailer
- Dan pedagang perantara lainnya.
- Memanfaatkan sumberdaya alam yang maksimal yang
berlokasi di Bandung, Jawa Barat.
- Minuman yang tinggi kualitas dan sehat untuk
dikonsumsi.
- Mendukung dalam bidang Pendidikan yaitu dengan adanya
kesempatan bagi pelajar untuk kerja praktek singkat dan bagi mahasiswa
untuk menyelesaikan tugas akhir ataupun thesis. Selain itu Ultrajaya juga
memberikan kesempatan untuk mengunjungi pabrik mereka yang tentunya
diharapkan dapat menambah wawasan.
Itulah
sedikit asal usul salah satu tokoh dunia dan perusahaan yang saya pilih untuk
dibahas, kurang lebihnya mohon maaf. Terimakasih dan semoga bermanfaat.
0 komentar:
Posting Komentar