Senin, 18 Januari 2016

Anak kostan? Harus hemat!!

0

Hidup di perantauan menuntutmu untukmandiri dan pandai mengatur keuangan. Supayahidup bisa terusberjalan lancar, uang sakuyang kamu terima di awal bulan harus kamu gunakan dengan bijak. Tak hanya itu, kamu jugamesti pandai-pandaimemanfaatkan dengan maksimal semua barang yang kamu punya agar uang yang sudah dialokasikan untuk membelinya tidak berakhir sia-sia.
Di bawah benderapenghematan, anak kost memang bisa melakukan apapun. Bahkan sampai hal-hal yang sebelumnya tidak terpikirkan. Kalau anak kost aja bisa, kenapa kamu tidak mengadaptasi cara-cara mereka?


1.Pasta gigi yang sudah terlihat habis sebenarnya masih menyisakan harapan. Lipat dan gulung ujungnya, lalu pencet-pencet sekuat tenaga



Pasta gigi adalah salah satu kebutuhan hidup yang tidak bisa kamu gantikan dengan barang lain. Tiap bulan, barang yang satu ini pasti masuk dalam keranjang belanja rutin. Tapi apa dong yang terjadi jika akhir bulan datang, belum gajian, tapi pasta gigi sudah sekarat duluan?
Kalau ini yang terjadi, jangan buru-buru buang pasta gigimu. Bawa seluruh pasta gigi ke atas dulu dengan memencetnya menggunakan gagang sikatgigimu. Lalu, gulung ujung pasta gigimu kemudian jepit gulungan tersebut dengan penjepit kertas. Gak jarang, ternyata kamu masih bisa menggunakanya beberapa kali lagi.


2.Setiap shampomu hampir habis, kocok dulu botolnya dengan air. Kamu bisa dapat liquidshampo yang masih bisa dipakai beberapa kali

Menghemat uang bisa dilakukan dengan memaksimalkan penggunaan barang yang sudah dibeli. Tanpa harus terburu-buru membuang botol shampo ke tempat sampah, gak ada salahnya kamu isi ulang lagi dengan air. Tak perlu mengisinya dengan penuh, cukup tambahkan 10 ml saja . Lalu kocok dan gunakan untuk membersihkan rambut. Gak jarang cairan yang keluar masih wangi dan mengandungshampo. Nah, dengan cara ini kamu masih bisa sedikit menghemat uang bulananmu.


3. Deodoranmu cepat habis? Congkel saja bagian rol nya, lalu gunakan dengan cara mengusapnya menggunakantangan.


Banyaknya kebutuhan hidup menuntutmu harus pandai-pandai berhemat agak keuangan tidak bengkak. Salah satunya adalah kebutuhan hidup penunjang penampilan, misalnyamenggunakan deodoran untuk tampil menawan dan menghilangkan bau badan.
Agar belanja deodoran tak terlalu menguras kantong, kamu bisa coba manfaatkan itemini dengan semaksimal mungkin. Nah, saat deodoran mu sudah tak bisa lagi mengeluarkan cairan, cobalah untuk mencongkel bagian rol (bulatan), lalu ambilcairan di dalamnya dengan menggunakan jari. Lalu oleskan saja di bagain ketiak. Dijamin, ketiakmu bisa wangi dan tak bau lagi.


4. Pewangi pakaian bukan hanya bermanfaat untuk rendaman, kamu bisa menggunakannya untuk parfum semprot pakaian.


Sekarang, parfum sudah menjadi barang yang harus kamu gunakan setiap hari. Namun, saat uang bulanan hampir kiamat, gak jarang kamu akan merasa bimbang. Nah, tanpa harus tampil bau badan dan kusam,kamu bisa gunakan parfum dari pewangi pakaian.
Cukup cairkan pewangi pakaian pada botol parfum, lalu tambahkan sedikit air. Lalu semprotkan pada pakaian setiap kali kamu akan pergi berkegiatan. Pewangi pakaian dalam bentuk kemasan jauh lebih murah dibandingkan dengan parfum botolan. Dijamin, kamu masih tetap bisa tampil prima dan menawan meski parfummu harganya tak mahal.


5. Letakkanbotollotion, shampo, dan sabun cair dalam keadaan terbalik. Ini membuatmu bisa memanfaatkannya sampai ke titik penghabisan


Selain parfum,lotion juga menjadi barang “penting” yang masuk list belanja bulanan. Tanpa harus buru-buru ke supermarket karena kamu pikirlotionmusudah habis, kamu bisamenjungkirbalikkanterlebih dulu. Hal ini tak hanya berlaku buatlotion,karena sabun, shampo, hingga krim wajah.
Posisi terbalik bisa membantu mengeluarkan seluruh isi botol yangmasih ada beberapa mili lotion yang masih menempel pada bagain dasar. Sehingga semua ini bisa keluar secara tuntas dan tak adalotion yang sia-sia. Jadi, uang belanjamu bisa lebih hemat, karena kamu tak perlu belanja dekat-dekat ini.


6.Trik cerdas untuk irit adalah dengan menggunting kemasan. Jadi isi kemasan tak akan ada yang ikut terbuang dalam tempat sampah.


Berhemat itu ada banyak cara kok. Karena seringkali isi kemasan yang masih menempel pada pinggir, makamengguntingnya adalah tips yang cerdas. Sebelum kamu membuang pasta gigi, krim wajah, pembersih muka, atau botol kecap ke tempat sampah, kamu bisa coba mengguntingnya di bagan tengah. Lalu kamu bisa bersihkan dengan tangan atau sendok untuk mengambilnya. Dengan cara ini, kamu bisa menghemat beberapa nominal uang. Selain itu, tak ada yang mubazir lagi.


7.Percayalah, menggunakan sabun batang jauh lebih murah dan tak kalah ampuh dalam membersihkan badan.


Mandi adalah kebutuhkan primer bagi manusia, maka membeli sabun adalah hal yang wajib kamu lakukan. Tak melulu mengandalkansabun cair yang harganya mahal, menggunakan sabun batang jauh lebih menguntungkan. Sabun batang juga tak kalah ampuh untuk membersihkan badan dan membuat wangi tubuhmu merebak. Pakaisabun batang juga bisa memberikan sensasi membersihkan tubuh dengan puas. Selain itu, karena harganya yang lebih murah sudah jelas bisa lebih ramah saat uangmu sedang cekak.


8. Meski harganya lebih mahal, detergen cair lebih hemat untukkeperluan mencuci. Hanya perlu sedikit, tumpukan bajumu sudah bisa bersih.


Agar lebih hemat, sekarang kamu bisa coba gunakan detergen cair untuk mencuci bajumu yang kotor. Meskipun harganya lebih mahal daripada deterjen bubuk, detergen jenis ini jauh lebih menguntungkan untuk keuangan. Karena meski hanya menggunakanbeberapa mililiter deterjen deterjen cair, seember bajumu bisa segera bersih. Kemampuannya untukmembuat busa dan menghilangkan noda juga lebih juara.Sehingga kamu juga lebih hemat deterjen dan tidak perlu mengerluarkan banyak uang.


9. Eits, jangan buru-buru buang pewangi pakaian yang kamu gunakan untuk rendaman. Asal belum ditinggal semalaman, pewangi ini bisa kamu gunakan ulang


Menghemat uang bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah mengguankanulang pewangi pakaian yang sudah kamu gunakan. Gak jarang larutan pewangi yang sudah digunakan untuk merendam pakaian dalam waktu beberapa menit, masih mempunyai wangi yang harum.Jadi tak masalah jika kamu menggunakannya untuk cucian selanjutnya. Asal jangan sampai terlewat 24 jam ya, gak jarang cairan ini sudah menghasilkan lendir yang baunya tak enak. Nah, selain lebih hemat cara ini juga bisa mengurangi pencemaran lingkungan.


10. Untuk urusan makan hemat, coba deh campur tepung dengan beberapa butir telur. Kamu bisa dapat jumbo size omelete yangbisa digunakan untuk beberapa kali makan.


Tak melulu hanya alat-alat mandi yang bisa diirit, makanan pun bisa dihemat. Caranya, cobalah untuk mengolah telur dengan campuran tepung. Selain itu, tambahkan potongan sayuran sebagai campuran agar lebih sehat. Lalu goreng hingga matang. Nah, telur “palsu” ini akan mempunyai ukuran lebih besar dibandingkan telur dadar biasanya. Sehingga kamu bisa memotongnya untuk beberapa kali makan. Pastikan kamu menggorengnya dengan matang ya. Jadi sampai sore, rasany masih enak untuk ditelan. Nah, kamu mau coba?


11. List belanja pulsa paket data bisa dihilangkan dengan rajin-rajin berkunjung ke tempat umum yang menyediakan wifi gratis.


Selain makanan, internet juga sudah menjadi kebutuhan utama bagi kita semua. Tanpa harus mengeluarkan banyak uang beli pulsa paket data, manfaatkan saja wifi gratis di tempat-tempat umum. Mungkin kamu bisa pergi ke perpustakaan kota, kampus, atau minimarket. Mengakses internet di tempet umu itu gak kalah cepat kok. Nah dengan cara ini, dijamin tugasmu masih tetap kelar meskipun uang jajanmu sudah detik-detik terakhir.


Memulai hidup di perantauan memang membutuhkan tingkat survive yang baik. Keterbatasan uang jajan, akhir bulan yang “tragis” tak perlu kamu bikin runyam. Karen tips hemat ekstrim ala anak kosan ini masih bisa kamu terapkan

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com