Jumat, 31 Maret 2017

Penyesuaian Biaya Kini Dalam Pelaporan Keuangan dan Perubahan Harga

0

Model biaya kini berbeda dengan akuntansi konvensional, yaitu.
    1.      Aset dinilai pada biaya kininya ketimbangan biaya historisnya. Oleh karena itu aset pada dasarnya sama dengan nilai diskonto kini dari arus kas di masa depan, pendukung model biaya-kini berpendapat bahwa nilai kini memperlihatkan secara lebih baik pengukuran pendapatan dan potensi arus kas perusahaan dimasa depan kepada pembaca laporan keuangan.
    2.      Laba didefenisikan sebagai kekayaan bersih setelah pajak perusahaan, yaitu jumlah sumber daya yang dapat didistribusikan perusahaan di suatu periode sambil tetap mempertahankan kapasitas produksi atau modal fisiknya.
Satu cara untuk mempertahankan modal dengan cara menyesuaikan posisi awal bersih perusahaan seperti harga tagihan lancar, daftar harga dari penyedia. Dapat diilustrasikan dalam bentuk persamaan akuntansi yaitu.
Aset = Kewajiban + Ekuitas Pemilik

Kas
Persediaan
Modal
1
100.000

100.000
2
(100.000)
100.000

3
150.000

150.000 (pendapatan)
4

40.000
40.000 reval OE
5

(140.000)
(140.000) beban
Keterangan.
·         Baris 1, menunjukkan pengaruh investasi awal perusahaan sebesar ARS100.000 terhadap laporan keuangan
·         Baris 2, menunjukkan pertukaran kas dengan persediaan, dengan asumsi kenaikan gaji sebesar 50%.
·         Baris 3, menunjukkan penjualan persedian untuk mendapatkan kas, yang meningkatkan ekuitas pemilik dengan jumlah yang sama.
·         Baris 4, menunjukkan beban kini pada penjualan, perusahaan meningkatkan nilai dukungan persediaan sebesar 40%, ganti rugi tersebut guna untuk kenaiakan akan revaluasi ekuitas pemilik sebesar ARS40.000. penyesuaian ini memiliki dampak yaitu. Jumlah revaluasi memperlihatkan kepada pembaca lap. Keuangan bahwa perusahaan harus menyimpan tambahan sebesar ARS40.000 dalam usaha agar mampu mengganti persediaan yang mengalami kenaikan biaya pengganti.
·         Baris 5, menunjukkan revaluasi persediaan meningkatkan beban sumber daya yang menjadi setara dengan beban ekonomi kini.

Biaya kini disesuaikan dengan tingkat harga umum

Opsi pelaporan ini bertujuan untuk menggabungkan karakteristik model tingkat-harga umum dan model biaya-kini. Pengukuran ini disebut dengan model biaya kini yang disesuaikan degan tingkat harga menggunakan indeks harga umum dan khusus. Salah satu tujuan model tingkat harga-umum, yaitu untuk mengungkapkan laba dan aset bersih pada ekuivalen daya beli akhir tahun perusahaan. Tujuan dari model biaya-kini yaitu untuk melaporkan aset bersih perusahaan pada biaya kininya dan melaporkan jumlah laba yang menggambarkan kekayaan bersih setelah pajak.
Ciri khas model biaya-kini, pengungkapan perubahan biaya kini dari aset nonmoneter perusahaan setelah dikurangi inflansi. Bertujuan untuk memperlihatkan bagian perubahan nilai aset nonmoneter yang melebihi atau kurang dari perubahan daya beli umum.
Kenaikan aset nonmoneter akibat inflansi umum merupakan jumlah saldo yang harus dimiliki perusahaan agar mampu menghadapi inflansi umum. Dan salah satu komponen yang lainnya, misalnya kenaikan biaya kini yang melampaui inflnsi umum dianggap oleh sejumlah pihak sebagai laba modal atas aset nonmoneter yang belum direalisasikan. Komponen terkhir ini bukan merupakan laba, malinkan kenaikan biaya perusahaan yang harus dimiliki perusahaan dalam mempertahankan produknya
Laba atau rugi kumulatif dari aset nonmonter induk- pos ini merupakan perubahan kumulatif atas nilai aset nonmoneter yang diakibatkan selain oleh inflansi umum.
Pos ini dihitung hanya jika model beban-khusu digunakan, karena beban ini dibndingkan dengan penyajian ulang dengan yang ditentukan oleh indeks harga konsumen nasional. Jika beban khusus lebih besar daripada indeks tersebut, maka laba akan diperoleh aset nonmoneter induk, jika tidak maka rugi akan diperoleh.

Laba atau rugi moneter kumulatif- pos ini merupakan pengaruh bersih yang muncul dari penyajian ulang awal dari angka-angka dalam laporan keuangan.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com