Senin, 21 Oktober 2013

KURSUS BAHASA INGGRIS

0


           Kursus adalah lembaga pelatihan yang termasuk ke dalam pendidikan non-formal. Kursus biasanya diselenggarakan dalam waktu pendek dan hanya untuk mempelajari satu keterampilan tertentu. Peserta yang telah mengikuti kursus dengan baik, dapat memperoleh sertifikat atau surat keterengan. Untuk keterampilan ini, diwajibkan menempuh ujian negara, Ujian Negara ini bertujuan untuk mengawasi mutu kursus yang bersangkutan, sehingga pelajaran yang diberikan memenuhi syarat dan peserta memiliki keterampilan dalam bidang yang ia tekuni.

Saat sekarang ini, zaman yang semakin maju dengan teknologi yang lebih modern dengan di butuhkannya kemampuan yang lebih untuk mengerti semua itu. Hal itu semua mendukung keterampilan dalam berkomunikasi, untuk keperluan pekerjaan, untuk mendukung pendidikan yang di tempuh maupun kebutuhan dalam bisnis. Untuk dapat bertahan dalam industry global tentunya kita harus memahami bahasa inggris. Bahasa inggris adalah bahasa internasional yang dituntut agar dapat menguasainya, karena pada saat sekarang ini bahasa adalah satu penghubung dari berbagai belahan Negara yang ada di negara ini. Oleh karena itu penting untuk kita belajar grammar bahasa inggris terlebih dahulu.

            Dewasa ini banyak lembaga kurus yang menawarkan belajar bahasa inggris dalam waktu singkat, namun sebagai konsumen harus pandai dalam memilih lembaga kursus mana yang paling reliable dalam membimbing kita untuk memahami tata bahasa secara baik, benar dan cepat.

            Memulai usaha kursus bahasa inggris bukanlah suatu hal yang sulit dan pastinya juga tidak membutuhkan biaya yang sangat besar. Membuka kursus ini memang tidak harus mengeluarkan modal yang besar namun bias mendapatkan penghasilan yang cukup lumayan.

            Salah satu contoh kursus bahasa inggris yang saya amati, lembaga ini berdiri dikota Bukittinggi. Lembaga kursus ini memang tidak tersebar diseluruh bagian kota di Indonesia namun hanya ada beberapa cabang di Sumatera Barat. Dimata lembaga ini, meningkatnya minat masyarakat dalam kursus ini memiliki prospek yang cerah dan berpotensi sebagai peluang bisnis yang cukup menguntungkan. Hal ini pula juga yang mendorong pembisnis ini telah membuka cabang diberbagai daerah untuk memenuhi permintaan pasar.

            Pada awalnya, lembaga ini hanya membuka kelas-kelas kecil yang tidak membutuhkan modal besar. Usaha membuka kelas privat untuk pelajar sekolah dasar yang terdiri atas 5 orang pershift nya, shif tersebut terbagi atas siang dan sore menjelang malam. Sang guru pengajar adalah seorang lulusan sarjana yang sedang mencari pekerjaan dan ingin bekerja sambilan untuk menambah uang untuk kehidupannya.

            Bermodalkan kemampuan dan perencanaan yang matang, ia memulai usahanya dengan dukungan dari berbagai kerabat dekat nya. Namun setalah berjalan beberapa bulan, keinginnan yang diinginkan dari awal tidak begitu serasi dengan apa kondisi yang ada sekarang. Semakin lama semakin banyak kursus bahasa inggris yang berdiri di daerah atau lokasi tersebut, sehingga ada pemikiran dari orang tua murid untuk memindahkan anak mereka ketempat yang lebih bagus dengan mutu yang lebih tinggi, tempat belajar yang nyaman dan ditambahnya teknologi pendukung. Ia berfikir untuk mengembang kan dan menunjukkan kursus ini dengan metode dan strategi yang lebih bagus lagi. Dengan membuka lokasi kursus ditempat yang strategis, melakukan promosi yang tinggi kepada murid SD,SMP,SMA, mengunakan metode privat dan kelas biasa,menambah pengajar dengan mengajak teman-teman yang sedang bernasib sama dengan dia.

            Dengan ada perbaruan dari segi lokasi, guru dan promosi kursus ini lambat laun bangkit kembali deri keterpurukan. Mereka mendapatkan anak didik yang lebih bnayak dari yang mereka bayangkan. Ini adalah usaha dari semua promosi di berbagai tempat dan lokasi-lokasi sekolah, pertemuan umum dan gencar menempelkan brosur dimana-mana.

Bukan hanya itu, bisnis juga tidak berjalan apabila kurang nya menagemen dalam mengatur jalannya bisnis ini. Maka dari itu kursus ini mencari orang yang dapat memaneg jalannya proses tersebut, seperti ada yang mengatur keuangan, menejer, officer, kepala bagian. Maka dari itu, keuntungan dalam membuka kursus ini ada nya merekrut tenaga kerja, untuk ini peluang kerja kepada orang-orang yang membutuh kan pekerjaan. Disinilah , terbantunya membuka lapangan pekerjaan bagi orang yang membutuhkan.
 
Semakin berjalan waktu, adanya belajar online yang memenuhi situs-situs online, untuk itu kursus ini mencoba bisnis online ini disertai dengan jual beli buku kursus online ini tanpa mengikuti kelas tatap muka seperti kursus biasanya. Buku ini adalah buku yang telah dirancang agar dapat belajar sendiri tanpa diajari oleh pengajar yang ahli, ini semua dapat disebut otodidak.

Buku kursus bahasa inggris ini memang tidak dapat dipergunakan untuk semua usia, kebnayakan buku ini dibelioleh pelajar SMA dimana metode ini memudahkan mereka untuk tidak repot-repot pergi dan menghadiri pelajar yang telah ditentukan. Ini juga memudahkan mereka dalam mengikuti pelajaran tersebut dengan bahasa yang mereka mengerti sendiri.

            Itu semua juga mempunyai untung bisnis yang lebih banyak dari pada kelas tatap muka, karena belajar dari membeli buku online ini tidak membutuhkan tenaga kerja, waktu dan juga ruang belajar, hanya bermodalkan situ internet 24 jam dan seorang operator yang akan menjalani computer dan memperbarui situs itu tersebut. Disamping itu juga, untuk mengirimm buku online ini juga menerima keuntungan puluhan ribu persatu paket bukunya, itu semua juga diluar ongkir pengirim.

            Untuk mengembang suatu bisnis memang tidak mudah, ada kelebihkan dan kekurangan yang kita terima pada saat menjalani bisnis ini. Namun, bukan hanya kelebihan atau kelemahan yang harus kita dapati disini, namun juga dalam mengatasi kekurangan yang muncul. Semakin kita dapat mengatasi masalah yang semakin kita dapat dikatakan sukses dalam menjalani suatu bisinis trersebut. 

TUGAS SOFTSKILL
BY : NURDIANA PUTRI OLIVIA
NPM : 26213646
KELAS : 1 EB 07

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com