Selasa, 29 April 2014

Industri yang Berpengaruh di Perekonomian Indonesia

0

PT. Ultrajaya Milk, Industry Tbk.


Profil Perusahaan

Pada masa 1958,  Ultrajaya berawal dari sebuah pabrik kecil atau industri susu rumahan  di Bandung – Jawa Barat PT Ultrajaya berkembang, hingga selanjutnya di tahun 1971 PT Ultrajaya melebarkan sayap bisnisnya menjadi PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Company. Ultrajaya tak hanya sebagai industri pelopor produsen susu segar alami dan minuman ringan juga masih menjadi tertedepan untuk seluruh konsumen Indonesia dengan beberapa varian brandnya, seperti ‘UltraMilk’ untuk produk susu segarnya, ‘Teh Kotak’ untuk minuman teh segarnya, ‘Sari Kacang Ijo’, ‘Sari Asem Asli’ untuk produk minuman sehatnya serta tidak ketinggalan beberapa produk minuman ringannya yang diproduksi khusus untuk pasar eksport.
Sejak tahun 1950, PT Ultrajaya secara turun temurun terus tumbuh dan berkembang dengan pesatnya dan hingga kini unggul sebagai Leader produsen produk susu cair segar ( dengan proses UHT ) dan juga minuman siap saji. Hingga kini, brand unggulan Ultrajaya yakni UltraMilk, masih tetap unggul di kelasnya sebagai produk susu cair, begitu pula Teh Kotak tetap unggul di varian minuman siap saji dalam kemasan karton.
Kini, hampir 90% total produksi rerusahaan telah didistribusikan ke seluruh konsumen di seluruh pelosok Indonesia, sementara kurang lebih 10% produksi, di ekspor ke beberapa negara di Benua Asia, Eropa, Timur Tengah, Australia, dan Amerika. Kesegaran bahan baku menjadi kunci mutu produk dengan pertimbangan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Disamping itu Ultrajaya mampu mengkolaborasikan teknologi Ultra High Temperature ( UHT ) yang digabungan dengan teknologi pengemasan aseptik.
Tim manajemen perusahaan memiliki tekad penuh untuk selalu berkembang seiring dengan perkembangan teknologi makanan dan minuman, agar tetap dapat memberikan produk-produk baru yang inovatif untuk memuaskan permintaan konsumen sekaligus membangun merek yang kuat, untuk menjamin pertumbuhan jangka panjang. Ultrajaya juga secara aktif membuat terobosan baru untuk meningkatkan efisiensi produksi guna mengintegrasikan proses produksi dengan tujuan memaksimalkan sumber daya yang dimiliki. Oleh karena itu, salah satu strategi manajemen PT Ultrajaya adalah mengembangkan dan memertahankan sumberdaya manusia yang sangat terampil.
Hal ini mampu Ultrajaya capai dengan menganut sebuah filosofi sederhana :
“ Sebuah komitmen untuk memproduksi produk dan brand berkualitas tinggi yang mengiringi perkembangan kebutuhan masyarakat”.
Dan ini tercermin dalam beberapa prinsip serta budaya kerja yang dimiliki Ultrajaya, diantaranya:
  • Memproduksi secara maksimal dengan kapasitas produksi yang besar dengan mengimbangi besarnya konsumen.
  • Untuk selalu memastikan hanya bahan-bahan dengan kualitas terbaik, yang akan digunakan untuk produksi.
  • Memastikan teknologi yang dimiliki adalah terbaik  yang selalu mendukung perusahaan  untuk mengembangkan dan merancang kualitas seluruh produk yang dimiliki.
  • Terus memperluas jaringan distribusi sebagai mitra perusahaan ke seluruh pelosok Indonesia, untuk konsumen yang setia menikmati produk segar alam.
  • Selain menjaga komitmen perusahaan terhadap konsumen, Ultrajaya pun tak luput untuk selalu meningkatkan nilai kepada stakeholder. Hal ini juga menjadi kebanggaan perusahaan agar bisa mempertahankan dan memelihara posisi Ultrajaya sebagai Leader di industri ini.

Sebagai wujud nyata, perusahaan kini memiliki karyawan sebanyak 1100 orang yang terdiri dari tim manajemen, pabrik, tenaga penjualan dan pemasaran. Mereka memiliki motivasi kerja yang sangat tinggi dan berpengalaman di bidangnya. PT Ultrajaya mempunyai rencana pengembangan karyawan yang lengkap mencakup pelatihan keterampilan, kesempatan karir dan program pensiun untuk karyawan yang memasuki masa pensiun. Pada saat yang sama, perusahaan ini juga selalu melakukan program penerimaan karyawan untuk memertahankan sumberdaya manusia yang profesional dan produktif.
Hingga kini, jaringan distribusi telah menjangkau seluruh daerah di Indonesia, didukung dengan strategi marketing yang sudah terintegrasi untuk mempertahankan dan terus membangun ekuitas brand dan memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia.
Untuk itu, Utrajaya juga secara terus menerus memiliki investasi-investasi penting dengan berbagai perbaikan dalam aktivitas marketing, teknologi, pengembangan produk, dan yang paling penting adalah sistem distribusi.
Jangkauan distribusi Ultrajaya merupakan salah satu jangkauan distribusi terluas di Indonesia , yang telah menjangkau pulau-pulau di Indonesia dari Sumatera sampai Papua. Saat ini Ultrajaya pun telah menjangkau lebih dari 25.000 wholesaler yang masing-masing secara kolektif menjual produk ke lebih dari 65.000 retailer (baik pasar lokal modern maupun pasar tradisional), hotel, dan penggunaan secara komersial.
Sementara itu, jalur distribusi Ultrajaya di pulau Jawa saat ini juga terdiri dari lebih dari 300 sales professional, dengan lebih dari 100 armada, dan 20 kantor cabang.
Konsumen utama PT Ultrajaya di Indonesia yang terdiri dari kurang lebih 240 juta penduduk, saat ini juga mengalami peningkatan daya beli. Penjualan dalam negeri pun menyumbang 90% dari total produksi yang dilakukan. Walaupun begitu, pada tahun 1988, Ultrajaya pun telah meng-eksport produk ke sejumlah negara di dunia.
Ultrajaya membuka kesempatan kepada pelajar yang berminat dan memiliki periode singkat kerja praktek untuk bergabung dalam program kerja praktek. Dalam kesempatan ini, pelajar berkesempatan untuk mempelajari operasional sistem PT Ultrajaya.
Untuk memenuhi permintaan beberapa Universitas, Ultrajaya pun membuka kesempatan bagi mahasiswa yang ingin menyelesaikan thesis atau tugas akhirnya yang membutuhkan data actual terkait produksi dan operasional proses untuk survey dan melakukan analisa penelitian.

Alasan mengapa perusahaan tersebut juga berpengaruh untuk Indonesia


Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa PT Ultrajaya Milk Industry Tbk berperang bagi masyarakat di Indonesia yaitu :
  1. Mengurangi angka Pengangguran yaitu dengan adanya penerimaan karyawan.
  2. Menaikkan kesejahteraan bagi
  • Karyawan
  • Distributor
  • Wholesaler
  • Retailer
  • Dan pedagang perantara lainnya.
  1. Memanfaatkan sumberdaya alam yang maksimal yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat.
  2. Minuman yang tinggi kualitas dan sehat untuk dikonsumsi.
  3. Mendukung dalam bidang Pendidikan yaitu dengan adanya kesempatan bagi pelajar untuk kerja praktek singkat dan bagi mahasiswa untuk menyelesaikan tugas akhir ataupun thesis. Selain itu Ultrajaya juga memberikan kesempatan untuk mengunjungi pabrik mereka yang tentunya diharapkan dapat menambah wawasan.
Itulah sedikit asal usul salah satu tokoh dunia dan perusahaan yang saya pilih untuk dibahas, kurang lebihnya mohon maaf.  Terimakasih dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com