Minggu, 29 November 2015

Makanan Sumatera Barat yang Terlupakan

0

Kebutuhan primer adalah makan dan minum. Jaman sekarang makan dan minuman sudah banyak bentuk nya, macam-macam cita rasa nya dan sangat mudah untuk ditemukan. Ditambah dengan dukungan dari kamera smartphone yang sangat canggih membuat makanan yang disharing di akun media (kebanyakan yang sharing anak muda yang lagi hitz kulineran) dapat menggugah selera dengan tampilan yang unik ataupun perpaduan warna makanan yang membuat kita tergiur untuk mencoba makanan tersebut. Tapi jangan melupakan makanan daerah sendiri loh, banyak orang diluar sana sibuk mencicipi makanan luar yang sangat mahal hanya karna ingin pamer ke teman-teman sosial mereka tanpa ingin mencoba makanan daerah mereka sendiri. Nah, karena saya berasal dari makanan terenak di dunia yaitu rendang, maka kalian ngerti dong saya mau cerita makanan khas apa? Yap!! Kali ini mau cerita tentang makanan khas Sumatera Barat .Sumatera Barat (Sumbar) dikenal dengan kelezatan masakannya yang biasa dipenuhi dengan bumbu dan santan. Kelezatan masakan Sumbar kini sudah banyak ditemui di restoran Padang yang tersebar di seluruh Indonesia, bahkan merambah ke luar negeri. Rendang biasanya menjadi pilihan utama ketika memasuki restoran Padang. Tetapi pada dasarnya masih banyak varian makanan Sumbar yang memiliki kelezatan tak kalah dari rendang.Nah, kalau kamu kebetulan sedang bepergian ke Sumatera Barat, jangan sampai terlewat untuk mencicipi makanan-makanan lezat ini ya.Oiya, disini saya mau menekan kan buat para pembaca, mungkin kebanyakan kalian hanya mengenal restoran padang kan, karna yang kalian fikir di Sumatera Barat Cuma ada kota Padang, kalian salah! Sebenarnya restoran atau rumah makan yang ada di luar Sumbar bukan berarti dia berasal dari Padang bisa jadi si yang punya tempat makan nya orang Bukittinggi, Pasaman, atau mungkin Sawah Lunto. Tapi kenapa bisa orang banyak yang kenal Padang? Karena Padang adalah ibukota dari Sumatera Barat, barangkali karena itu kebanyakan orang ngomong nya sekalian (Padang)Nah mungkin kalian udah pada tau tentang makanan terlezat yang masuk ‘World’s 50 Most Delicious Foods’ (50 Hidangan Terlezat Dunia) yang berada di peringkat pertama, yaitu rendang si hitam yang kaya dengan bumbu masak. Masih ada dendeng balado, dendeng batokok, gulai itiak, soto padang, sate padang yang kebanyakan orang udah tau dan pernah mencicipi nya. Saya akan mengulas kuliner Sumbar yang masih perawan, dalam artian belum semua orang pernah makan masakanan atau cemilan ini.


1.     Lamang Tapai


Bentuknya lunak dan putih seperti bubur, dan ada ketan hitam dilengkapi dengan kuah(air) yang berwarna ungu tua yang berasal dari air dari ketan hitam tersebut. Kalo orang awam nyobain makanan ini mungkin masih merasa asing dilidah, rasa nya itu asem asem tapi enak. Kata orang makanan ini berasal dari Pesisir Selatan tapi gatau kenapa disemua daerah di Sumbar terdapat makanan ini. Cobain deeehhh, udah murah, enak, bikin kenyang lagi 




2.     Samba Lado Tanak


Kalo ini mungkin udah pada tau gimana bentuk dan rasanya ya. Seperti gulai namun mungkin tidak seencer gulai, rasanya juga gak jauh beda dengan rasa gulai. Kebanyakan makanan ini hanya sebagai masakan rumah, coba deh cari di rumah makan padang pasti ini gak bakal ada. Amak amak (perempuan tua minang) membuat samba lado tanak ini dengan menyampuri berbagai macam bahan, petai contohnya di campur dengan ikan teri kecil kecil atau ikan maco kalau kata orang minang. Kalo di deskripsikan mungkin biasa aja ya, tapi ini nyeeeesss enak loh!

3.     Gulai Pakih




Warna kuah nya itu kuning, trus ada sayuran atau daun pakis, sedikit bumbu rumah campur lado (cabe) merah , siap makan! Ini sebagai sayur sayuran dihidangkan kalau dirumah saya, gak banyak anak anak seumuran saya suka ini sih, tapi baru akhir akhir ini saya sangat menyukai ini, karena khasiat dari pakis sendiri trus gulai ini juga jarang bangetttt ditemui di Jawa alhasil saya rindu jika pulang. Enak sih soal nya

4.     Teh Talua



Kalau dijawa nih ya ada warkop, nah kalau di Sumbar ada kadai kopi. Teh talua ini minuman wajib yang harus ada di sana. Sebenarnya minuman ini cukup simple untuk dibuat sendiri tapi kenapa gak semua nya terasa enak mungkin ada beberapa trik buat minuman ini jadi enak. Talua itiak (telur bebek) biasanya digunakan terus dicampur dengan teh, di blendder sedikit gula dan disajikan dalam keadaan panas. Enyaaakk kalo disantap dengan gorengan apalagi didukung cuaca yang dingin pasti lebih terasa sedap! Kalian mesti coba, sehat dan bakal ketagihan.

5.     Galamai


Item, lengket, tapi manissss banget. Ciri khas orang minang kalo udah nikahan pasti ada cemilan ini buat pencuci mulut , salah banget ya padahal makan 3 buah galamai aja cukup kenyang loh. Cemilan tradisional yang masih belum populer dimana pun, saya aja kalo makan ini harus datang dulu ke nikahan asli orang minang baru bisa makan makanan ini, makin hari makin dikit yang bikin. Tapi kalo yang mau coba masih ada beberapa orang yang jual di pasar nya Sumbar kok, kebanyakan yang jual nenek nenek hasil buatan mereka. Recommeded!


 6.     Ikan Bada dan Rinuak dari Danau Maninjau



Ini makanan pasti sehat banget, kenapa engga? Makanan nya aja dominan ikan. Makan ikan bada atau rinuak sama nasi terus ada lado pasti udah bahagia banget, enak :” aaahhh . makanan ini mudah ditemukan di daerah Maninjau. Beda nya ikan bada sama rinuak sih enggak ada beda nya, beda nya kalau rinuak dikeringin terus di jadiin keripik gitu.

7.     Bika

Bika bika, bikaaa, masih angek masih angek, bali dak diak? 3 10 ribu diak lamak, masih angek hari dingin lo lai  . 

Saya masih sering banget denger kata kata suguhan ini kalo pulang , saya berdomisili di Bukittinggi jadi kalo ke sana pasti lewat salah satu Bika, atau kalo lagi nunggu ayah ngisi bensin pasti ada ibu ibu paruh baya yang berkeliling menjajakan jualan mereka. Penganan ringan ini tebuat dari tepung beras yang dalamnya diisi gula merah dan parutan kelapa dan aroma kayu manis.Terasa manis dan gurih saat digigit. Kalau kalian lansung beli ditempat pembuatan nya, kalian pasti bisa liat cara pembuatannya kok.



Sebenarnya masih banyak lagi makanan, cemilan ataupun minuman khas Minang yang masih belum pernah dicoba oleh kebanyakan orang. Ini adalah sebagian besar makanan yang harus selalu diteruskan pembuatannya, karena tidak semua orang bisa membuat makanan tersebut enak, hanya tangan tangan ulet lah yang dapat mebuat makanan tersebut menjadi petjah dimulut. Namun, masih disayang kan banyak anak muda yang tidak tertarik dengan masakan ataupun makanan tradisional seperti ini , mereka hanya ingin mencicipi makanan luar dan nongkrong di cafe cafe mahal padahal pola kehidupan seperti itu tidak baik untuk kesehatan. sayangt disayangkan. Mungkin untuk mensharing makanan yang sudah lapuk dimakan usia ini dengan cara menshare dan mengembalikan lagi ciri khas daerah tersebut, mungkin dengan mendirikan cafe untuk nongkrong tapi memadukan makanan luar dengan makanan daerah, bagiamana pun cara nya saya juga belum menemukan tapi semoga apresiasi saya dapat di baca dan diterima oleh pembaca :)

Semoga kalian tertarik untuk mecicipi nya. Mari lestarikan masakan daerah kalian.




0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com