Senin, 14 Desember 2015

Dik, masih ingat permainan ini,ga?

0

Bermain adalah kodrat seorang manusia. Melalui permainan, seseorang dapat mengenal lingkungannya dan dapat bergaul sesama. Dalam bermain, seseorang juga bisa membentuk karakter maupun ketangkasan mereka. Namun sangat disayangkan , anak-anak sekarang lebih memilih untuk bermain dengan gedget mereka berjam jam tanpa ingin bermain bersama teman-teman mereka. Kalian kangen gak sih? buat lari larian , tertawa bersama , keringat membasahi badan kalian sampai lupa waktu kalau orang tua udah nyuruh kalian buat pulang karna sudah terlalu larut untuk bermain. Kini, aku hanya tersenyum rindu melihat masa-masa itu lahir kembali, sangat disayang kan mereka yang saat ini kecil sangat berbeda dengan aku yang dulu :')
Mau cerita aja sih, dulu sekitaran 15 tahun yang lalu aku masih seorang anak ingusan yang berlari sana sini untuk mencari tempat persembunyian agar terhindar dari teman ku yang lagi panik mencari ku. pernah satu ketika aku terjatuh dan kaki ku terluka, rasa nya sangat sakit aku dibawa teman-teman ku untuk pulang dan mengobati luka ku yang memerah. But im so happy . Natural dan tanpa kontaminasi dari apapun. Ah sudahlah.
Ini nih beberapa permainan yang udah hapir punah dikalangan anak-anak jaman sekarang
  • Petak Umpet 
Permainan ini yang aku mainin tadi nih guys . Mencari dan bersembunyi. Buat ikutan permainan ini, tidak ada persyaratan apapun dan gak butuh skill apapun. Cukup kumpulin teman teman kamu se-banyak banyak nya, satu orang yang mencari dan yang lainnya sembunyi. Cara nya juga gampang buat jadi yang sembunyi, si pencari mesti nemuin semua teman-teman mereka orang yang paling pertama ditemuin ia lah yang manjadi si pencari . tapi ingat loh guys, kalian harus cari semua teman kalian dulu baru lah permainan babak kedua bisa dimulai

  •  Congklak
Permaianan ini biasanya dimainakan oleh anak perempuan bukan anak-anak laki gak boleh main ini loh, cuma kebanyakan saja. Alat yang dipergunakan adalah sebuat papan panjang yang dipapan tersebut ada bagian yang dibolongi berjejer dan diisi biji kalo di minang sih biji bijian tersebut desebut kuciang kuciang  gak tau kenapa dinamai itu padahal gak berbentuk kucing,aneh. Permaianan ini bisa dimain kan oleh 2 orang anak, peraturannya yang menang adalah anak yang mengumpulkan  biji bijian paling banyak disisi papan paling ujung.
  •  Gasing
Permainan ini banyak dimainkan oleh anak laki-laki. Hanya menggunakan sebuah kayu yang sudah diubah ujungnya menjadi runcing dan berporos dibantu dengan bantuan benang yang tebal. Gasing yang paling lama berputar itu lah pemenang nya, gampang kan?
  • Kelereng
Bola bola kecil yang menggelinding di tanah, jika bola satu mengenai bola lawan maka bola yang dikenai akan menjadi hak milik orang yang memainkan. Simple tapi menyenangkan, emng sih keliatannya gampang banget cuma ingin susah loh kalian harus fokus buat mengenai bola yang lainnya, coba deh kalo gak percaya.
  •  Lompat tali
Ini permainan worth it banget buat anak perempuan yang ingin banget tinggi hahaha . tali yang dibentang, dan dipengang seorang anak disalah satu anak, permainan ini bisa dimainkan minimal 3 orang .

Sebenarnya masih banyak lagi permainan yang dilupain anak-anak sekarang yang sebenarnya permainan tradisional ini lebih greget buat dimainkan. Tapi jaman sekarang zaman sudah berbeda tidak zamannya lagi buat bermain dirumah bersama teman-teman atau mungkin anak sekarng males kali ya buat panas panasan. Tidak terkecuali ada, aku punya adek masih main dluar rumah kok, jadi tidak mayoritas ya guys.
Lestarikan budaya bermainan untuk membentuk karakter yang kreatif-utty

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com