Rabu, 04 Juni 2014

Kesenjangan Sosial

0

Anggota Kelompok :
-Mutiara Putri Rizki
-Nurdiana Putri Olivia
-Priska Gustina Pertami Putri
-Reza Hana
1EB07


Kesenjangan sosial adalah suatu ketidakseimbangan sosial yang terjadi pada masyarakat, yang terjadi suatu perbedaan yang sangat mencolok. Dalam kesenjangan sosial ini terjadinya aspek yang sangat mencolok, contohnya saja aspek keadilan. Pada zaman sekarang ini keadilan sudah luntur dalam kehidupan masyarakat, banyak orang miskin yang semakin miskin dan orang kaya akan semakin kaya. Ketidak peduliaan ini dikarenakan adanya kesenjangan status yang terlalu mencolok, orang kaya terlalu memandang rendah kepada golongan bawah, perasaan jijik, tidak setingkat dengan mereka bahkan berfikir orang kalangan bawah tidak ada gunanya.

Indonesia merupakan negara yang besar, memiliki banyak kepulauan, berlimpah dalam hal hasil kekayaan alam, namun kesenjangan sosial masih terjadi di negara ini. banyak daerah-daerah yang letaknya terpencil dan terisolir dari keramaian membuat masih tidak merata nya gaya hidup, komunikasi ataupun bagaimana seseorang memandang arti kehidupan itu sendiri.
Dalam kenyataan disekitar kita, kesenjangan sosial banyak membawa dampak negative kepada masyarakat, mulai dari melemahnya wirausaha, terjadinya kriminalitas dan monopoli. Banyak nya masyarakat yang malas untuk memulai usaha, mempertahankan apa yang telah ia jalan kan dengan usaha nya karna selalu dianggap remeh oleh kalangan atas jadinya banyak masayarakat yang tidak melanjuti usahanya dan mengganggur, banyak nya masyarakat yang mengganggur maka kriminalitas meningkat . Menghalalkan segala cara untuk memenuhi kehidupannya yang beragam, disebabkan ketiadaan dana yang cukup serta kondisi sosial yang bermasalah. Masih banyak lagi dampak dari kesenjangan sosial tersebut. Banyak hal yang bisa dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari pecahan kesenjangan sosial yang terjadi pada masyarakat.

Upaya-upaya yang harus dilakukan pemerintah untuk pemecah masalah kesenjangan sosial yang terjadi diIndonesia :

Meminimalisir kkn dan memberantas korupsi
Salah satu cara untuk memecahkan masalah kesenjangan sosial ini dengan cara memberantas korupsi. Korupsi pada saat ini bukan hanya dikalangan masayarakat kecil lagi namun juga pemerintah sendiri banyak yang melakukan kesalahan ini. korupsi dimana-mana, seolah olah kasus korupsi oleh pemerintah ini tidak merugikan masyarakat luas. Dari sini lah, pemerintah harus nya lebih berbenah diri dengan apa yang mreka kerjakan, menindak lanjutkan dengan member hukuman yang tidak memandang orang itu seorang pejabat atau orang yang tidak punya, semua nya adil.

Pendidikan
Memberikan kesempatan kepada masyarakat miskin untuk mendapatkan pendidikan yang layak.Hal ini berkaitan dengan kualitas sumber daya manusia sehingga masyarakat yang tidak mampu tersebut dapat memperbaiki kualitas kehidupan di masa yang akan datang. Melakukan suatu program yang dijalani dengan serius dan memberikan sosialisasi tentang pentingnya pendidikan kepada orang tua si anak .

Lapangan pekerjaan
Pemerintah dapat menciptakan banyak lapangan pekerjaan. Karena walaupun kualitas sumber daya manusia sudah ditingkatkan tapi tidak ada lapangan  pekerjaan akan menimbulkan masalah baru yaitu meningkatnya angka pengangguran.Jika pemerintah tidak memperhatikan hal ini, dapat dipastikan akan mempertajam kesenjangan sosial.

Pemerataan Pembangunan
Pemerintah juga harus melakukan pemerataan pembangunan. Karena jika tidak ada infrastruktur yang mendukung terciptanya lapangan pekerjaan, maka yang akan terjadi adalah lapangan pekerjaan itu tidak akan ada.Jadi terciptanya lapangan kerja harus diimbangi dengan infrastruktur yang mendukung

Dengan adanya upaya dalam penanganan dalam kesenjangan sosial ini di harapkan pemerintah dapat menindak lanjuti nya dengan serius dan dapat menerapkan apa yang diinginkan masyarakat luas.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com