Rabu, 04 Juni 2014

Pandangan Pelajaran Softskill

0



Pada kali ini saya akan membahas tentang apa itu pelajaran softskill, bagaimana cara menggunakan softskill, tujuan belajar, apa perbedaan dengan hardskill dan bagaimana cara mengapresiasikan dalam kehidupan, dari banyak lagi yang akan di bahas pada posting kali ini . 

Softskill dapat disebut juga dengan pelajaran non akademik. Softskill adalah kualitas, ciri kepribadian, dan keahlian social yang dimiliki setiap orang dengan tingkatan yang berbeda-beda. Contoh dari softskill inu misalnya integritas, etika, dan kerja sama dalam tim. Sifat dari softskill ini meliputi nilai yang dianut, motivasi, perilaku, kebiasaan, karakter, dan sikap.Sifat ini dimiliki oleh setiap orang dengan kadar yang berbeda-beda yang dipengaruhi oleh kebiasaan berfikir, berkata, bertindak dan sikap. Tapi sifat ini dapat diubah dengan ada nya kemauan individu tsb.

Dengan perngertian tersebut softskill dapat disimpulkan adalah suatu keahlian yang memang terdapat atau ada pada diri seseorang . Contohnya saja ada banyak orang yang gampang mendapatkan seorang teman dengan cepat itu dapat dianggap sebagai sebuah softskill yang berharga dalam sebuah dunia penjualan atau promosi, karna dari sana kita dapat mempromosikan barang kita keberbagai orang sehingga orang yang baru kita kenal tersebut dapat tergiur untuk membeli apa yang kita perjualkan ke diri mereka. 

Selain itu, banyak contoh dari softskill ini adalah seseorang yang mampu menghargai waktu atau mampu mengambil keputusan yang rasional meskipun sedang berada dibawah sebuah tekanan. Seseorang juga mungkin saja memiliki kemampuan pada dirinya untuk bekerja dengan rekan kerja yang bersal dari latar belakang budaya yang berbeda-beda, atau bias belajar bahasa asing dengan cepat. Semua hal itu dapat dianggap sebuah softskill yang berharga.

Disamping itu softskill juga harus diseimbangi dengan ada nya hardskill. Hardskill dapat disebut juga kemampuan akademik, yaitu suatu kemampuan yang menguasai ilmu pengetahuan, teknologi yang berhubungan dengan bidang ilmunya. Kemampuan hardskill dapat dilihat dari riwayat pendidikan seseorang. Contoh dari hardskill ini adalah kemampuan teknis seperti keuangan, computer, perakitan dan kualitas.
Di Universitas Gunadarma, mata pelajaran softskill ini diadakan sekali sekali sebulan, dengan metode pemelajaran pada saat satu kali pertemuan anak didik mendapatkan tugas yang dapat dikerjakan untuk sebulan kedepan. Dalam menentukan mata pelajaran apa yang dijadikan softskill itu tergantung dengan yang telah di berikan. Nah, Menurut saya dalam mengikuti pembelajaran softskill selama dua semester pertama ini berguna dalam sangat membantu dalam menuangkan ide-ide yang kreatif, karna dalam membuat tugas softskill ini di universitas gunadarma menggunakan media social yaitu blog
Di sini lah kita dapat mengebangkan tulisan-tulisan, pandangan kita terhadap suatu masalah dan kita dapat menuangkan nya dalam bentuk tulisan. Disamping itu, softskill ini juga dapat melatih kita dalam berkelompok, memecahkan suatu masalah dengan jalan diskusi perkelompok sehingga dalam menyelesaikan suatu masalah di dunia kerja pada saat yang akan dating tidak merasa canggung lagi dengan sifat anggota kerja yang banyak bentuk nya. 

Dalam dunia kerja pemakaian softskill ini sangat berguna. Beberapa perusahaan menggunakan uji penjajakan psikologis khusus untuk mengetahui apakah seorang pelamar memiliki tempramen atau kepribadian yang tepat untuk sebuah posisi kerja, walaupun pengujian-pengujian semacam itu tentu saja tidak selalu bias memprediksi bagaimana kinerja pelamar jika nanti ia bekerja dalam kondisi sesungguhnya. Seorang pekerja baru mungkin memilki keterampilan dan pengalaman teknik untuk bekerja dalam tim costumer support, namun ia harus juga memiliki soft skill seperti kesabaran atau mampu bekerja di bawah tekanan sehingga ia bias efektif dalam pekerjaannya.
Maka dari itu, mata kuliah ini perlu ada nya dan sangat penting untuk tambah melatih softskill seseorang.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com